Membuat Charger HP di Sepeda Motor



Membuat Charger HP di Sepeda Motor


Hai sobat Phisic Education, bagaimana kabar anda sobat? baik-baik saja bukan, saya berharap keadaan sobat selalu sehat walafiat agar dapat selalu berkunjung ke blog ini. Langsung aja sobat kali ini ada tips berbagi ilmu pendidikan elektronika mengenai charger Handphone, Charger handphone yang kita kenal selama ini fungsinya yaitu mengecas atau memberi energi pada Handphone yaitu melalui listrik rumah-rumah, nah bagaimana bila kita sedang berpergian jauh dan khawatir ingin mengecas handphone ditoko-toko, atau tempat" umum lainnya? anda cemas takun Hilang bukan !!! ada baiknya sobat bisa mencoba tips 1 ini, memanfaatkan bahan-bahan charger bekas yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi.

Membuat Charger HP di Sepeda Motorarus yang keluar dari aki sepeda motor tidak akan merusak Handphone anda, karena alat ini telah saya ujikan pada percobaan mata kuliah Elektronika dan pernyataan diatas telah diakui oleh dosen Elektronika saya, bahwa alat ini aman dan layak digunakan sebagai alternatif baru dalam pengecasan handphone. Saya pun juga memakai alat ini saat hendak Touring keluar kota... jadi saya tidak cemas lagi akan Drop baterai.

Keuntungan:
  1. Memudahkan kita saat bepergian jauh, yang suka touring contohnya jadi tinggal cas Handphone pada sepeda motor, jadi anda tidak akan cemas takut kehilangan saat kita tinggal pergi beristirahat/makan.
  2. Memudahkan kita saat terdesak, misal mati lampu pada rumah kita jadi kita bisa memanfaatkan aki sepeda motor kita sebagai tenaga listriknya untuk mengecas handphone.
  3. Harganya murah cukup dengan uang Rp 10.000  (10Ribu) saja sobat bisa membuat alat seperti dibawah ini.
  4. Bila ingin memperbagus kemasan atau pasang box, pastinya biaya bertambah lagi sobat.
  5. Bila ingin menjadikan alat ini sebagai ladang usaha untuk kalian (saya dukung). silahkan kembangkan kemasan dan pemasaran karena harga yang terbandrol pada MOTOR PLUS cukup lumayan mahal dan anda akan memperoleh keuntungan yang besar, apalagi bila anda bisa menjualnya di tempat" terpencil. 
Nama komponen yang harus di beli:
  1. IC 7805                 1 buah
  2. Elco 470uf/50V      2 buah
  3. Resistor 1 k            1 buah
  4. Saklar                     1 buah
  5. Led                         1 buah                                   
  6. Charger hp bekas    1 buah
  7. Tambah capit buaya pada kutub + dan -


Membuat Charger HP di Sepeda Motor


Rangkai lah alat seperti gambar di bawah ini:

Membuat Charger HP di Sepeda Motor

atau seperti di bawah ini

Membuat Charger HP di Sepeda Motor

Prinsip kerja:
Pada dasarnya tegangan pada aki (accu) adalah 12 Volt diturunkan tegangannya menggunakan IC 7805 (05) yang di maksud tersebut adalah penurun tegangan jadi dari 12 V menjadi 5 Volt. Kapasitas max penuh baterai handphone adalah 3,7 Volt, namun dengan kapasitas baterai handphone yang kecil tersebut, baterai dapat dicharger dengan tegangan output charger yang lebih besar, yaitu output 5 volt,  sehingga pengecasan pada hp sobat tetap tetap terjamin keamanannya.

Ic berfungsi sebagai penurun tegangan pada rangkaian ini
Elco berfungsi sebagai penyimpan arus DC/kapasitor polar
Saklar untuk menyambung dan memutus arus yang mengalir
Led sebagai penanda saja saat arus mengalir

Sekian dari saya tentang Membuat Charger HP di Sepeda Motor semoga bermanfaat bagi sobat.


~ Untuk Kritik dan Saran silahkan berkomentar di bawah  ~
Terima kasih atas Kunjungannya






Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sumber Belajar dengan judul Membuat Charger HP di Sepeda Motor. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2012/12/charge-handphone-dengan-tenaga-aki.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

124 komentar untuk "Membuat Charger HP di Sepeda Motor"

  1. Wah bagus tipsnya sobb,, itu yang sering saya alami klo lgi bawa motor,, abis HP nya juga sepat bgt Lowbet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, cobalah buat dan klo ada problem langsung koment kemari. saya akan beri solusinya

      Hapus
  2. Mantab mantab, support dari saya untuk anda.

    BalasHapus
  3. tips yang bermanfaat gan, kapan2 coba ah,, beli komponen2 dulu! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob , cuma 10rbu kita bisa membuat charge serbaguna ,semoga berhasil

      Hapus
  4. menarik bangat gan tips nya :bye:

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sob, cuma berbagi pengalaman saja sapa tau berguna buat anda.

      Hapus
  5. dulu saya pernah berpikir seperti ini..
    Ternyata sudah keduluan orang yang membuatnya..
    Tapi saya lihat cara buatnya kok rumit gan ??
    Kalo chargernya masih bagus bisa gak, maksudnya gak perlu ditambahin yg lainn lagi..
    Langsung hubngkan ke aki aja.. ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini mas say sedikit jelaskan kembali, bila anda memakai cherger yan gmasih bagus bisa saja mas hanya memotong kabelnya saja dan menambahkan IC 7805, dan ada 3 kaki pada IC tersebut, solder kaki kiri kabel pada arus positif dan solder kaki tengah dan kanan untuk kabel arus negatif menuju aki,mengapa wajib dipasang IC tersebut agar tegangan dari aki 12V turun hingga 5V dan arus bisa diterima oleh baterai. yang paling pokok IC tersebut lainnya hanya pelengkap

      Hapus
    2. jadi , kalo tanpa elco hanya IC nya saja tidak apa apa ?

      Hapus
    3. Tidak apa" sob, tapi saya memakai Elco guna terjadi arus yang kurang stabil, kalau anda mau mecoba tanpa Elco...resiko anda tanggung sendiri ya :D

      Hapus
  6. bro pcb nya pakai bekas / pcb kosong ? . kalau pcb kosong terangin langkah langkah nya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan PCB yang saya pakai baru mas fachrul, dan saya beli yang sudah ada lubangnya, jadi tinggal saya masukkan saja kaki-kaki komponen tersebut. Kemudian untuk menghubungkan rangkaian solder dari kaki ke kaki komponen yang lain sesuai urutannya atau bisa juga di jamper menggunakan kabel saat penyolderan komponen tersebut. Yang jelas penyolderanya harus sesuai dengan contoh gambar rangkaian diatas. sederhana dan mudah sekali semoga berhasil mas Fachrul akbar.

      Hapus
  7. Saya dgr arus aki gak stabil dan gak baik buat charge, bener gak sih bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini saya sendiri memakai aman-aman saja sob saat touring, OK jadi begini saya jelaskan kembali, tegangan max aki itu 12 V dan ketika arus mengalir dari aki...pertama arus melalui Elco kita ketahui elco disini sebagai kapasitor (penyimpan arus) kemudian melalui IC 7805 (penurun tegangan) jadi dari 12 diturunkan menjadi 5V sehingga arus yang keluar membuat pengecasan stabil untuk HP.

      Hapus
    2. Ane denger2 ic cepet jebol kalo ga pakai transistor ! Trus kalo ic saya panas normal atau tidak gan ? Takutnya ho ane mbleduk hahaha ane pKe hp android gan , kira2 boleh ga ?

      Hapus
  8. gan saya mau tanya nih??
    ic 7805 itu di alirin arus aki bs step down dari 12 ke 5 volt
    tp setelah saya coba sendiri pada aki ic 7805 panasnya mlebihi batas meskipun sudah pakek pendingin ...
    itu ketiga kalinya saya coba bru bisa
    yg ke 1 and 2 ic nya kala terus karna panasnya
    menurut anda gmna gan mengatasinya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Aldi Saya punya Solusinya.. Elconya bisa diganti sama yang lebih besar dan resistornya juga di ganti sama yang kiloanya lebih tiinggi

      Hapus
    2. Mungkin seperti itu juga bisa

      Hapus
    3. Begini mas aldi, apakah mas aldi sudah merangkai rangkaian seperti yang saya posting in dengan benar dan sesuai penempatan komponennya? Selama ini saya memakai tidak ada kendala apapun. memang keadaan IC panas namun itu hanya proses arus yang mengalir melewati IC sehingga menyebabkan panas tapi tidak perlu di khawatirkan, terkecuali kalau mas aldi salah memasang komponen atau pemakaian ini mungkin itu penyebab kerusakan pada IC sobat

      Hapus
  9. Ok. Thanks verry much infonya walau saya sudah tau sekema rangkaian seperti ini pada arus listrik VCD yang pake trapo. Tapi bisa memperluas wawasan saya pada dunia electronic

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Hendi atas infonya, untuk kemajuan alat ini.

      Hapus
  10. Jangan lupa pasang heatsink di IC 7805 untuk mengurangi panasnya. Biar lebih aman saat pengecasan dalam perjalanan, tambahkan dioda zener 12v di input ic, atau bagi tegangan dengan resistor agar input ke IC tidak berlebihan. bila perlu pasang dioda zener 5v di outputnya agar listrik yang masuk ke hp tidak berlebihan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan yg bagus..perlu dicoba nih hehe :)

      Hapus
  11. outputnya berapa volt gan itu?

    BalasHapus
  12. ini yang gue butuh hin gan..
    entar bili komponen dulu

    BalasHapus
  13. gimana dengan ampernya gan?
    sesuai g dgn amper yg di butuhkan hp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok ampere gan, output arusnya 5 volt gan. Dijamin aman untuk handphone anda

      Hapus
  14. bgini permasalahan yag sering terjadi adlah menyebabkan kemamouan aki.. jadi apa g bikin aki tekor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahan aki tekor bukan karena hal semacam ini mas, tapi dikarenakan sistem pengapian pada motor yang kurang stabil bisa dari CDI, SEPUL, BUSI dll.

      Hapus
  15. ijin nyoba gan..
    sukses bt smua. :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba mas... terima kasih :)

      Hapus
  16. Wahhh.... hebat ni.....
    Kalo bisa admin buat dalam bentuk jadinya
    dan secara massal aja
    biar banyak orang yang memakainya.

    Trus bisa dijadikan ladang usaha tuh..
    B)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mas Elegi berminat silahkan menjadikan alat ini sebagai ladang usaha..saya mendukung. :)

      Hapus
  17. emang bener ya 5v di kasih R 1k jadi 4 v????

    charger standar kan emang 5v outputnya . .coba cek deh. .

    ic lm7805 itu mampu menerima input sampai 30v
    jadi ga masalah walaupun motor sdang jalan . .
    orang fungsinya buat regulator tegangan . .

    just Sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih masukannya mas untuk kemajuan alat ini.Tapi menurut saya juga begitu mas, walau pengecasan saat berjalan saya kira aman" saya....tapi saya pun belum pernah mencobanya...
      :P

      Hapus
  18. edan,, bagus
    rekomendasiin temen-2 ane lah untuk bikin alat sederhana yg bermanfaat ini

    Thanks ya (y)

    BalasHapus
  19. ane dh bikin bro. tp begitu d coba g bisa.
    krn penasaran, ane coba buat cas powerbank ane, alhasil powerbank ane on trs, g bs mati. jd panas juga bro..
    kira2 knp ya bro??
    thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan sudah merangkai sesuai gambar diatas belum? dan mengecek kembali komponen yang agan beli, serta memperhatikan kerapihan penyolderan. Sejauh ini beberapa orang telah menerapkan alat ini hingga dijual dipasar tidak ada problem... jadi kemungkinan ada suatu hal yang salah namun belum di teliti dan cek kembali gan. Good job

      Hapus
  20. para sobbb smua..

    rangkaian ini bsa jg djadiin portable loch...
    input bsa qt pke batre biasa jg,cntohny pke batre kotak 9volt,tinggal modif pke kancing batre aj...

    arus input ic 7volt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan yang bermanfaat sebgai pengembangan terbaru alat ini thanks

      Hapus
  21. berapa amper/mAh yang dikeluarkan dari rangkaian ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya boss, memperkuat pertanyaan dari bro diatas perihal arus yang dikeluarkan alat itu berapa ampere yah...???
      karena rencana saya mau buat alat ini untuk tablet saya yang arus baterenya 4000 mAh atau 4 Ampere.

      Please ya boss.... ???!!!

      Hapus
    2. Untuk sodara Mamby Arionang: Arus yang dikeluarkan adalah 1800 mAh pada alat ini, dan batas pengisisan arus adalah 5 Volt, kemudian kalau untuk jenis tablet silahkan sodara Mamby cek baterai dan lihat batas pengisian arus berapa? misal 8 Volt, anda tinggal mencari IC 7808, PERHATIKAN (08) itu adalah jumlah batas volt IC.jadi jngn sampai salah beli.

      Hapus
  22. mas kalo beli PCB circuit ngomong nya gimana ama penjualnya?thx nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bnyak kok di toko elektronik tanya aja beli PCB kosong...

      Hapus
  23. itu output tegangannya bener 5 volt, tapi arus yang dikeluarinnya berapa ampere? kan kalo amperenya gede bisa ngerusak handphone-nya juga. thx gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sudah tejamin aman kok karena charger bateray yang biasa dijual dipasar juga kerluaranya 5v

      Hapus
    2. 5 Volt => Tegangan
      5 Ampere => Arus
      Kok sepertinya ente rancu antara arus dan tegangan ya Min.

      Hapus
  24. kalu tanpa potong kabel chargenya bisa ga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harus dipotong karena yang dibutuhkan hanyalah kabel ujung dari charger bekas itu mas

      Hapus
  25. kalau kterangan di hp "tidak mengisi" gmana gan cra mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kembali apakah rangkaian yang anda buat sudah sesuai dengan petunjuk diatas, penyolderan yang terlalu lama mengakibatkan komponen panas dan tusak cek pke tester. saya yakin permasalahan tidak jauh dari hal tersebut

      Hapus
  26. menurut saya gan resistor dan lednya lebih baik di pakai sebelum ic regulator agar tidak mengganggu kestabilan arus saat mengecas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. resistor bisa dipasang dimana saja gan, silahkan pasang dimana yang menurut anda pas dan aman, masukan yang bagus :)

      Hapus
  27. untuk kabel colokan Hp kan kabelnya ada 3, input, ground, output.. nah untuk ground'a bagaimana gan ?? apakah d sambung k ground IC ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel (+) dan (-) dan 1 kabel ground...satukan ground dengan kabel (-)kemudian soldervgan

      Hapus
  28. mas apakah ini bisa menggunakan kabel cas nya di ganti sama USB ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, usb juga adalah kebel pengisian baterai

      Hapus
  29. saat cas hp biasanya muncul gambar batere yang terlihat sedang mengisi....(hp dalam kondisi off) tapi saat saya pakai alat tersebut yang muncul hanya gambar batere saja tapi terlihat seperti tidak mengisi sebagaimana hp saat di cas seperti pada umumnya, kira - kira apanya yang salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba anda cek kembali penyolderan rangkaian, kemungkinan dikarenakan kurang tepatnya posisi, atau terlalu lama menyolder kaki komponen sehingga konponen rusak mas, cek dengan tester.

      Hapus
  30. Terima kasih atas jawabannya mas.....ternyata kabel chargenya yang bermasalah, terbukti setelah saya coba dengan kabel yang lain lancar-lancar saja (kabel charge universal)
    kalo untuk aki sepeda motor (12V) kira-kira bisa tahan berapa lama ?
    Dan untuk rangkaian ini apa bisa digunakan untuk beberapa hp sekaligus ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk aki sepeda motor pengisian tergantung HP juga sih, terkadang lama pengisian kan berbeda", klo hp saya sih cuma 1 jam, untuk pengisian dengan beberapa HP sekaligus tinggal sobat coba aja....kemungkinan bisa, namun saya belum pernah mencobanya \o/

      Hapus
  31. Gan..
    berhubung saya masih awam, sekalian saja tambah postingan tentang charger ini..
    mungkin ada pembaruan tentang cara yg lebih aman atau gimana gitu sekiranya sangat memudahkan bagi pembuatnya..
    terus untuk postingan yang kali ini, kalau charger ini saya ganti menjadi port usb bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini udah cara termudah gan, rangkaian sudah tergambar jelas di atas, kalau agan ingin mengganti port usb juga bisa...dan pemasanganya sama dengan cara di atas. :)

      Hapus
  32. Ud di coba gan,tapi icnya masih panas minta ampun.tolong pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. IC memang panas gan, karena tempat mengalirnya arus listrik....coba agan pegang charger hp agan yang terlindungi atom plastik itu pasti hangat bukan..... ya kalau agan mau dingin dikasih kipas :P atau agan lindungi dengan plastik atom selayaknya charger sungguhan jadi terlihat rapi dan aman. tq

      Hapus
  33. gan. ane mw tnya ??
    ada pengaruhnya gak qlo ngechas sambil berkendara(jalan) ama ngecas pada saat kita bhenti (mesin motor mati/off)

    maaf qlo ptnyaannya gk bebobot
    ane msh newbie gan

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada pengaruh gan, saya jamin aman

      Hapus
  34. mas bro,,, mohon pencerhan,,, rangkaian yang saya buat berdasarkan contoh diatas kok timbul panas pada IC dan ELCO
    padahal IC sudah saya beri tambahan pendingin aluminium


    mohon sulusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas bro..IC itu kan dilewati arus jadi ya panas... ,mau di gimain juga ya ttp aja panas... beri aja pelindung atom plastik selayaknya charger biasa jadi terlindungi...

      Hapus
  35. hihi thanks gan
    ic saya tidak panass (hangat hihi)soal a sebelum ke ic pake dioda zener 12v
    nah dan output a juga pake dioda z yang 5 v biar pas maju ga HARIWANG hp a problem hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukan yang bagus gan buat revisi alat ini, TQ

      Hapus
  36. makasih broo saya mau touring ga usah ribet bli powerbank yang harga a mahal dan sangat mudah rusak itu :@ ;)
    klo saya sebelum masuk ke ic pake diodaZ 12v dan pas output a pke 5v diodaZ
    biar pas maju ga HARIWANG problem hihi

    BalasHapus
  37. sorry gan mau tanya apa g kelebihan output'a 5v bukanya hp itu 3,7v ?? masi bingung niy saya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak gan, karena emang batas max arus standar internasional charger HP segitu yaitu 5V....coba agan cek di charger HP agan. TQ

      Hapus
  38. sob ane suda ngerangkai sama persis dengan yang di atas
    tapi kok gak bisa ngisi hp nya????
    tapi led nya nyala kok

    mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada rangkaian yang kurang tepat cek lagi boz

      Hapus
  39. gan mau tanya, kalo bwt ngecashnya, motornya harus nyala ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keadaan nyala atau mati sama saja gan tidak masalah

      Hapus
  40. Klo ic nya jebol bhaya gk mas buat hp nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harap di ganti karena arus besar bila tidak melewati IC dan bahaya untuk HP

      Hapus
  41. mantap nih. mohon izin menggunakannya gan... trims...

    BalasHapus
  42. kurang 1 gan,
    Tambhn dioda 1 aja sbg pnyearah agar kalau cpt terblik maka 7805 tidak mati,
    Pd input 7805 kasi dioda 1 posisi ke arah inpt 7805.

    Dan 7805 wat nya kecil ngeces lama,
    Unt lbh cpt pake 7806.
    Cesan asli zaman skrg ada yg nyampe 7volt kaya cesan e71 7volt
    Art nya 7805 bisa di ganti ke 7806.
    Unt 7807 musti di cek dulu out putnya.

    7805 bl dicek out nya trkdang voltasenya d bwah 5volt walau udah d beri kapasitor.mgkn kapasitor gde perlu di coba bila hasilnya lambat.(35v 4700uf perlu di coba"out tetep akan 5volt"sbgy penguat amper saja/ic 7805 di dobel 2)

    Kalau agan punya trik meningkatkan voltase dari setrum btre hp 3,7 volt menjadi 6 volt untk mengsi hp .mhn di share mg2 ga make koil,mt berkarya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan masukannya guna kemajuan alat ini trims

      Hapus
  43. gan..sedikit menambahkn pertanyaan yg blum terjawab..sy mau tnya gaan..kalo ampere sama volt kn beda..memang volt yang d sarankan untuk carge it 5 volt..tpi untuk ampere kn beda beda gan..kalo accu motor itu kalo ga salah keluarnya itu bisa sampai 5A...sedangkan untuk cas hp itu qta hanya membutuhkan 0,8 sampai 1A itu udh cukup...kalo terllu besar Ampere apa tidak pengaruh terhadap hp dn batrrei...ada ga tmbahan komponen untuk menurunkan tegangan ampere???..makasih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini gan, permasalahan ini bukan ampere tapi volt, aki tegangan 12V melewati IC turun menjadi 5V jadi tetap aman untuk HP. sekali lagi bukan ampere gan

      Hapus
  44. gan stelah ane praktekan cra di atas. Pas pemasangan kabel yng ke aki ada percikan api. Tlong solusiny knpa. Pdhal pemasangan dh bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai capit buaya di kabek + dan - agar tidak ada percikan

      Hapus
  45. gan klo menggunakan dioda hrs menggunakan berapa ampere untuk yg 12v dan 5v

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh kalo masalah dioda saya kurang paham gan coba cek di komentar" sebelumnya sepertinya ada yang masukan yang menggunakan dioda zener.

      Hapus
  46. Sebuah alat yang sangat berguna , saya praktekan jg untuk mp3 player saya , karena di bateray nya tertulis 3.7 V. , saya langsung kan saja positif dan negativ yang saya potong dari kabel bateratnya nya ke alat ini
    apakah berbahaya kalo di langsungkan dan kenapa IC nya jadi panas yah , kalo 3 lagu aja udah panas banget , buru buru saya cabut dari aki nya..
    mohon di jawab... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. IC memang panas gan, namun tidak ada masalah...coba saja beri kemasan agar lebih terlindungi

      Hapus
  47. Horrrrrrrrrrrrrrreeee...
    akhirnya berhasil om... aye sedikit tambahkan dioda 4007 setelah saklar terus aye tambahkan juga hetsing di IC nya.. sekarang bisa 50 lagu... tanpa panas berlebihan dan tanpa musti cash bateraaaaaay.... MAKASIH BANGET OM RIO,,, sangat bermanfaat sekali postingan anda ini...

    BalasHapus
  48. Saya udah pernah coba ini mas. IC nya cepat banget panas. Saya tempelin heatsink, lumayanlah rada adem dikit. Kalo yg ada fitur protection nya gmn mas, maxudnya klo sewaktu-waktu tiba-tiba ICnya jebol biar gak merusak HP?
    mampir mas ke imasofblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasi masukanya gan sebagai pelengkap kekurangan alat ini, ok otw mampir balik

      Hapus
  49. kalo input dari batt HP bekas 2 biji tanpa LM7805
    schematic-nya gimana ndan...?
    plus charger buat batt HP 2 biji juga tadi... ?
    apakah dgn LM7805 tadi bisa menyalaken LED putih 6 up gan...?
    mohon bimbingannya
    maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kurang tau saya gan....tolong ikuti petunjuk di atas saja ya

      Hapus
  50. apa yang membuat IC 7805 Menjadi rusak, selain dari sebab kelebihan batas maximal inputnya,,? thanks broo atas jawabannya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. stauku sih hanya itu gan, dicoba aja siapa tau ada kemungkinan yang lain yg dapat merusak IC

      Hapus
  51. apa yang menyebabkan ic 7805 menjadi rusak,, ? selain disebabkan oleh kelebihan beban inputnya.. trimakasih..

    BalasHapus
  52. nah mumpung rame, saya mau nanya juga mas
    jadi begini, itu kan rangkaian penurun tegangan, nah aki sepeda motor itu kan ampernya 6A, nah padahal kalau kita pake charger dg ampere 2A saja "contoh aku punya adaptor ipad 2A untuk mengisi hp dh\g charge ori 1A+" nah baterenya itu memang cepet terisi tapi baterenya jadi cepet melendung ga cuman 1, nah pertanyaan saya? ap dg ic 05 itu amperenya kecil dan aman, atau ada gak si komponen buat nurunin ampere dari 6A jadi 1A+ saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman kok gan saya jamin...pada dasarnya prinsipnya sama dengan charger hp memakai listrik rumahan

      Hapus
  53. maf ne gan mw tnya,,
    bs tlg dijelaskan tentang prinsip kerja alat ini secara rinci? krn saya tertarik untuk membahas cara kerja alat ini untuk seminar saya,,,
    trimaksih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh...simak aja mbak coment di atas.....thanks

      Hapus
  54. mas kalo tidak pake PCB bisa engga ???

    BalasHapus
  55. saya sudah mencoba seperti rangkaian di atas tp kok masih gak bisa mengisi semua sudah OK lampu led jg menyala tp uudah saya colokkan ke hp terap pengisian gagal tolong minta solusiny gan...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada yg belum sempurna rangkaian nya mas

      Hapus

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini