Analisis cara belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa



Analisis cara belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa

Hai sobat Phisic Education postingan kali ini tentang analisis cara belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa. Tipologi belajar  adalah gaya belajar, yang mana gaya belajar itu adalah  adalah “suatu proses gerak laku, penghayatan, serta kecenderungan seorang pelajar mempelajari atau memperoleh sesuatu ilmu dengan cara tersendiri. Bagi sobat yang bingung mau memilih judul skripsi apa? bingung cari refrensi skripsi susah langsung aja sobat lihat-lihat Skripsi Pendidikan. Semua sudah ada dari berbagai macam judul. Silahkan download dan semoga bermanfaat untuk sobat.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pelajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang berkaitan satu sama lainnya, yaitu belajar (learning) dan pembelajaran (instruction). Konsep belajar berakar pada pihak peserta didik dan konsep pembelajaran berakar pada pihak pendidik.
Dilihat dari sudut proses, bahwa pendidikan adalah proses dalam mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya sehingga menimbulkan perubahan pada dirinya. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pemerintah merumuskan dalam UU RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa pendidikan dilakukan agar mendapatkan tujuan yang diharapkan bersama, yaitu: Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanganya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A. Pengertian Belajar
Setiap orang ingin memiliki pengetahuan. Pengetahuan itu dapat dimiliki apabila manusia tersebut mau belajar, karena dengan belajar manusia dapat mengetahui sesuatu yang belum diketahui atau dapat memperbaiki perbuatan-perbuatan dan tingkah laku yang salah menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan Hamalik (1975: 139): “Belajar merupakan bentuk perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dengan tingkah laku”. Sedangkan menurut Slameto (2003: 2) mengemukakan bahwa, “Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Selanjutnya, Dalyono (2007: 49) menjelaskan: Belajar adalah suatu usaha. Perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sunguh, dengan sistematis, mendayagunakan semuapotensi yang dimiliki, baik fisik, mental serta dana, panca indra, otak dan anggota tubuh lainnya, demikian pula aspek-aspek kejiwaan seperti inteligensi, bakat, motivasi, minat dan sebaginya. Setiap perilaku belajar selalu ditandai oleh ciri-ciri perubahan spesifik. 

BAB III
METODE PENELITIAN

A.  Pendekatan  dan Jenis Penelitian
  1. Pendekatan Penelitian
Pendekatan yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang bertujuan untuk membangun suatu teori berdasarkan data-data yang dikumpulkan melalui data penelitian. Pendekatan ini bukan berusaha untuk menguji kebenaran suatu teori dalam sebuah penelitian.
Pendekatan kualitatif yang digunakan peneliti adalah untuk mengetahui cara belajar siswa yang ditinjau dari tipologi belajar siswa tersebut di dalam kelas. Metode pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
  1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif karena penelitian ini berhubungan dengan penelitian lapangan, yaitu suatu metode untuk menemukan data yang spesifik dan realistik apa yang terjadi dalam prose pembelajaran. Pelaksanaan penelitian deskriptif hanya memaparkan, melukiskan, menuliskan dan melaporkan keadaan suatu obyek atau peristiwa tanpa menarik kesimpulan umum

                     Selengkapnya Proposal ini Download Disini




Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Skripsi dengan judul Analisis cara belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/01/analisis-cara-belajar-siswa-ditinjau.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

Belum ada komentar untuk "Analisis cara belajar siswa ditinjau dari tipologi belajar siswa"

Poskan Komentar

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini