Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan minat membaca


Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan minat membaca
Hai sobat Phisic Education postingan kali ini tentang hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan minat membaca. Fasilitas belajar merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Agar siswa dapat mencapai tujuan secara maksimal, maka siswa perlu pengadaan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah, di rumah dan di masyarakat. Bagi sobat yang bingung mau memilih judul skripsi apa? bingung cari refrensi skripsi susah langsung aja sobat lihat-lihat Skripsi Pendidikan. Semua sudah ada dari berbagai macam judul. Silahkan download dan semoga bermanfaat untuk sobat.


BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

       Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Peningkatan mutu pendidikan pada semua lembaga pendidikan merupakan upaya pembangunan sumber daya manusia. Karena melalui pendidikan diharapkan akan lahir generasi yang cerdas, terampil, untuk melaksanakan pembangunan di segala bidang. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan pendidikan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu wadah bagi pelaksanaan pendidikan adalah sekolah. Sekolah merupakan tempat membentuk manusia susila yang cakap dan warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan negara. Salah satu jenjang pendidikan adalah sekolah menengah umum atau biasa disebut Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merupakan sekolah lanjutan setelah Sekolah Menengah Pertama (SMP). SMP dituntut menyelenggarakan proses pembelajaran dengan memberikan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang bertanggung jawab berlangsung sepanjang hayat, hal ini berati siswa juga dituntut untuk mampu mengembangkan kemampuan intelektual, sosial, dan  personal dari diri siswa atau sendiri.


BAB II

KAJIAN PUSAKA
A.  Pemanfaatan Fasilitas Belajar

Pemanfaatan yaitu menggunakan atau memanfaatkan alat atau media yang telah tersedia untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pemanfaatan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah memanfaatkan sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar siswa di sekolah. Peranan pemanfaatan fasilitas dalam belajar mengajar sangatlah penting, sebab pemanfaatan fasilitas belajar mencakup seluruh pemanfaatan fasilitas alat–alat diluar diri siswa. Fasilitas belajar merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatanbelajar. Menurut Hadari Nawawi (1995:46) menyatakan bahwa “fasilitas belajaradalah sarana yang digunakan oleh siswa dimana pengaruhnya sangat kuat dalam pelaksanaan proses belajar siswa di sekolah, sehingga hasil belajar siswa lebih efektif dan efisien”. Sarana pendidikan merupakan perangkat peralatan bahan dan perabot secara langsung digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Menurut Suryo Subroto   ( 2004 : 114) “prasarana pendidikan juga memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran karena jika memiliki prasarana pendidikan yang tidak memadai akan timbul ketidaknyamanan dalam melakukan proses pembelajaran. Perpustakaan sekolah merupakan tempat sumber informasi atau sumber bacaan, sudah selayaknya tersedia berbagai buku penuntun dan penunjang sebgai sumber informasi yang dapat mendukung dan memperkaya pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan.

BAB III

METODE PENELITIAN


A.  Rancangan Penelitian

Variabel adalah semua objek yang menjadi sasaran dalam penelitian. Menurut Sugiyono (2008:38) “Variabel yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya”. Sedangkan menurut Suharsimi Suharsimi Suharsimi Suharsimi Arikunto (2006:118) mengemukakan “Variabel adalah objek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian atau hal-hal yang menjadi objek penelitian yang menunjukkan variasi baik secara kuantitatif maupun kualitatif”.

Dari pengertian diatas maka dapat diambil pengertian bahwa variabel penelitian adalah seluruh objek yang menjadi sasaran dalam penelitian / gerak yang menjadi variasi dalam jenis maupun tingkatannya. Adapun yang menjadi variabel penelitian adalah

a.  Variabel Bebas

Variabel bebas adalah variabel yang berpengaruh pada variabel lain. Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah pemanfaatan fasilitas belajar (X1) dan minat membaca (X2).

b.  Variabel Terikat

Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lainnya. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS Terpadu (Y).


B.  Populasi dan Sampel

1.Populasi

Populasi adalah sekelompok orang yang akan dijadikan objek pengamatan. Menurut Suharsimi Arikunto (2006:130) bahwa “populasi adalah keseluruhan subjek penelitian”. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Braja Selebah lampung timur tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII1 dengan jumlah 35 siswa, kelas VIII2 berjumlah 37 siswa, kelas VIII3 berjumlah 30 siswa, dan kelas VIII4 berjumlah 37 siswa. Jadi populasi berjumlah 139 siswa.

2.Sampel

Sampel adalah sebagian dari populasi yang dapat mewakili seluruh populasi. Sesuai dengan pendapat Sugiyono (2008:81) bahwa “sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristikyang dimiliki oleh populasi tersebut”.Dalam penelitian sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random  sampling dengan mengundi  kelas yang berjumlah 4 kelas dari populasi yang ada, dan yang terpilih menjadi sampel yaitu kelas VIII3 berjumlah 30 siswa.


                   Selengkapnya hingga BAB V Download Disini




Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Skripsi dengan judul Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan minat membaca. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/01/hubungan-antara-pemanfaatan-fasilitas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

Belum ada komentar untuk "Hubungan pemanfaatan fasilitas belajar dan minat membaca"

Poskan Komentar

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini