Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar



Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar


Hai sobat Phisic Education postingan kali ini masih seputar Skripsi sobat yaitu tentang Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil BelajarSumber belajar adalah sumber  berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu. Sobat juga bisa lihat dari skripsi-skripsi sebelumnya juga yang tidak kalah menariknya. Silahkan sobat cari-cari yang menurut sobat itu bagus dan menarik hingga segala sesuatu yang anda dapat dari sini menjadi bermanfaat. Silahkan membaca Skripsi di bawah tentang Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar, semoga bermanfaat untuk anda.

BAB I
PENDAHULUAN

     A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena melalui pendidikan akan tercipta manusia yang terampil dan berkualitas. Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah telah berusaha secara maksimal untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pendidikan adalah usaha yang dilakukan pihak tertentu dalam rangka untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, selain itu juga pendidikan merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan tertentu yang akan dicapai suatu bangsa pada masa yang akan datang. Salah satu indikator mutu pendidikan yang memadai adalah meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai penguasaan materi pelajaran dan kemampuan memecahkan masalah.
Hasil belajar yang di capai oleh siswa berbeda-beda, ada siswa yang hasil belajarnya tuntas dan ada juga siswa yang hasil belajarnya belum tuntas. Hal ini dapat dipengaruhi berbagai faktor, baik yang bersumber dari dalam diri siswa (faktor internal) dan juga yang bersumber dari luar diri siswa (faktor eksternal). Hal ini berarti bahwa hasil belajar merupakan hasil fenomena yang memiliki ketergantungan dari variabel lainnya. Dalam hal ini sumber belajar memiliki kedudukan yang cukup dominan di dalam pencapaian hasil belajar.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

     A. Pemanfaatan Sumber Belajar
1.   Pengertian Pemanfaatan Sumber Belajar
Pemanfaatan sumber belajar merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh faktor pendukung pencapaian tujuan. Pembelajaran sebagai suatu proses merupakan suatu sistem yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang saling interaksi didalamnya. Untuk memberikan batasan berkaitan dengan variabel penelitian ini, maka dikemukakan pendapat beberapa ahli sebagai berikut:
Depdikbud (1990: 248) mengemukakan bahwa “pemanfaatan berasal dari kata manfaat yaitu kegunaan atau penggunaan suatu benda atau alat tertentu untuk mencapai suatu tujuan”. Menurut Ahmad Rohani (dalam skripsi Ingka Rikiana, 1997: 102) mengemukakan bahwa ”sumber belajar (learning resources) adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik)  dan yang menggunakan (memudahkan)  terjadinya proses belajar”.  Dari kutipan tersebut,  maka dapat diambil pengertian bahwa yang dimaksud dengan sumber belajar adalah suatu komponen penting dalam proses belajar dalam memberikan dukungan dalam usaha pencapaian tujuan.

BAB III
METODE PENELITIAN

      A. Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian yang akan dilakukan merupakan landasan dasar dalam uji kebenaran pada penulisan penelitian ini. Menurut Suharsimi Arikunto (2002: 136) menyatakan bahwa “Metodologi adalah suatu usaha untuk menemukan, menghubungkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan usaha mana yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah”.
Langkah awal dalam penelitian ini adalah menentukan objek yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Langkah berikutnya adalah menentukan populasi dan  sampel untuk menentukan batasan kajian yang dilakukan. Setelah sampel ditentukan, dilanjutkan dengan membuat rancangan angket untuk membuat data kuantitatif  tentang sumber belajar pada sampel penelitian. Angket yang tersusun dibagikan kepada responden dalam penelitian.
Angket di bagikan kepada sampel yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010. Setelah dilakukan penyekoran pada angket maka langkah berikutnya adalah melakukan pencatatan hasil belajar Terpadu pada semester Ganjil. Kelanjutannya adalah menganalisis data untuk pengujian hipotesis untuk mendapatkan kesimpulan.

                      Selengkapnya hingga BAB V Download Disini




Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Skripsi dengan judul Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/01/hubungan-antara-pemanfaatan-sumber.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

4 komentar untuk "Hubungan antara pemanfaatan sumber belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar"

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini