Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode make a match

Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode make a match




Selamat malam sobat Phisic Education bagaimana keadaan anda? semoga dalam keadaan sehat wal'afiat. masih seputar Skripsi sobat dengan Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Metode Make a Match yaitu teknik pembelajaran mencari pasangan. Tentunya bukan mancari pasangan pacar ya sobat namun Metode Make a Match adalah  model pembelajaran Mencari Pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang. untuk lebih lengkapnya sobat dapat membaca-baca di bawah dan Download hingga BAB V. Sekian dari saya tentang Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Metode Make a Match semoga Bermanfaat, kritik dan saran silahkan tulis pada komentar.
  
BAB I
PENDAHULUAN

      A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Berkembangnya  suatu bangsa banyak ditentukan oleh kualitas pendidikan bangsa tersebut. Oleh karena itu, untuk menyelenggarakan pendidikan harus dimulai dengan pengadaan tenaga pendidik dan fasilitas pendidikan sampai pada usaha meningkatkan mutu pendidik.
Banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan, tetapi hasilnya belum optimal. Hal ini ditunjukan pada beberapa sekolah yang prestasi belajarnya belum mengalami perubahan yang berarti. Adapun usaha-usaha yang dilakukan pemerintah diantaranya adalah perubahan kurikulum untuk memperbaharui susunan materi ajar, disahkannya undang-undang sertifikasi guru yang bertujuan meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan dan penambahan sarana prasarana yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat. Selain pemerintah, guru juga bertanggung jawab atas perubahan proses tersebut, yaitu bagaimana pembelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa secara benar. Dengan demikian, proses pembelajaran ditentukan sampai sejauh mana guru dapat menggunakan metode dan tipe pembelajaran dengan baik.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

      A.  Pustaka Yang Menyangkut Variabel
      1.   Pengertian Metode Pembelajaran kooperatif.
Menurut Lie (2002:27) menyatakan bahwa:
Pembelajaran kooperatif adalah suatu tipe pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang, dengan struktur kelompoknya yang bersifat heterogen. Selanjutnya dikatakan pula, keberhasilan dari kelompok tergantung pada kemampuan dan aktivitas anggota kelompok, baik secara individual maupun secara kelompok.
Sejalan dengan pengertian diatas Johnson dan Johnson (Lie, 2002:17) menyatakan bahwa: Pembelajaran kooperatif dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur. Ada lima unsur pokok yang termasuk dalam struktur ini yaitu: saling ketergantungan positif, tanggung jawab, individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama dan evaluasi proses kelompok.
Kemudian Solihatin dan Raharjo (2005:4) menyatakan bahwa pada dasarnya pembelajaran kooperatif mengandung pengertian: Suatu sikap atau prilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yaitu terdiri dari dua orang atau lebih dimana keberhasilan kerja sangat dipengaruhi oleh keterlibatan dari setiap anggota kelompok itu sendiri.

BAB III
METODE PENELITIAN

         A.  Rancangan Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (class Room Action Research). Penelitian ini berusaha mengkaji merefleksi secara kritis dan kolaboratif suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja guru, interaksi guru dengan siswa, serta interaksi siswa dalam kelas. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan proses perbaikan terus menerus atau tindakan  berulang (siklus), sehingga dari siklus pertama, kedua dan seterusnya dapat diperoleh hasil yang semakin baik untuk pencapaian tujuan penelitian.  

              Selengkapnya hingga BAB V Download Disini




Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Skripsi dengan judul Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode make a match. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/01/meningkatkan-aktivitas-dan-hasil_27.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

6 komentar untuk "Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui metode make a match"

  1. Balasan
    1. hehehe mas bisa aja, ini kan berkat anda juga..hehehe terima kasih atas bantuannya mas.

      Hapus
  2. Ijin download pak, terima kasih silaturahminya di blog sederhana saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buk sama-sama telah berkunjung kemari, saya mendapapat ilmu yang bermanfaat dari blog ibu tadi. Silahkan download ibu semoga bermanfaat bagi anda.

      Hapus
  3. pak maaf saya mau tnya
    referensiny apa ini ya pak?
    terimakasih, mohon balasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih jelasnya sodari wawa download skripsi tersebut kemudian cek file daftar pustaka didalamnya, atau lihat pada BAB II.

      Hapus

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini