Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi kelompok yang sama dan berbeda jenis kelaminnya



Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi kelompok

Hai sobat Phisic Education postingan kali ini adalah tentang perbandingan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi kelompok yang sama dan berbeda jenis kelaminnya. Diskusi kelompok merupakan suatu proses bimbingan dimana murid-murid akan mendapatkan suatu kesempatan untuk menyumbangkan pikiran masing-masing dalam memecahkan masalah bersama. Dalam diskusi ini tetanam pula tanggung jawab dan harga diri. Bagi sobat yang bingung mau memilih judul skripsi apa? bingung cari refrensi skripsi susah langsung aja sobat lihat-lihat Skripsi Pendidikan. Semua sudah ada dari berbagai macam judul. Silahkan download dan semoga bermanfaat untuk sobat.



BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kegiatan pengajaran. Ada dua buah konsep kependidikan yang berkaitan dengan lainnya, yaitu belajar (learning) dan pembelajaran (instruction). Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.
Konsep belajar berakar pada pihak siswa dan konsep pembelajaran berakar pada pihak guru. Dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) akan terjadi interaksi antara siswa dan guru. Siswa adalah seseorang atau sekelompok orang sebagai pencari, penerima pelajaran yang dibutuhkannya, sedang guru adalah seseorang atau sekelompok orang yang berprofesi sebagai pengolah kegiatan belajar mengajar dan seperangkat peranan lainnya yang memungkinkan berlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang efektif.
Kegiatan belajar mengajar melibatkan beberapa komponen, yaitu siswa, guru, tujuan pembelajaran, isi pelajaran, metode mengajar, media dan evaluasi. Tujuan pembelajaran adalah perubahan prilaku dan tingkah laku yang positif dari siswa setelah mengikuti kegiatan belajar


BAB II
KAJIAN PUSTAKA


A. Tinjaun Pustaka
1.  Pengertian Belajar
Berikut ini akan dipaparkan beberapa definisi atau teori yang berkaitan dengan variabel yang akan diteliti untuk memberikan kekuatan teori dalam mendukung penelitian. Menurut Baharuddin (2008:10) Belajar adalah suatu proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan dan sikap dengan kata lain belajar merupakan aktifitas yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan perubahan dalam dirinya melalui pelatihan-pelatihan dan pengalaman-pengalaman.
Ahmadi (1987:23) ”Belajar adalah usaha mengadakan perubahan situasi dalam proses perkembangan dirinya mencapai tujuan”. Arthur T. Jersild (Dalam Sagala: 12) menyatakan bahwa belajar adalah ”Modification of behavior through experience and learning yaitu perubahan atau membawa perubahan tingkah laku dalam pendidikan. Sedangkan menurut Gage (dalam Sagala:13) ”Belajar adalah suatu proses di mana organisme berubah prilakunya sebagai akibat dari pengalaman”.
Oemar (2002:154) Belajar adalah suatu proses tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan relatif mantap berkat latihan dan pengalaman.


BAB III
METODE PENELITIAN


A.  Rancangan Penelitian
Pembelajaran dalam penelitian perbandingan hasil belajar matematika dirancang dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil pada kelas VII. Mengunakan metode diskusi kelompok kecil yang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu: kelompok I Proses  pembelajaran  yang terdiri kelompok-kelompok kecil  beranggota dari 4-5 orang yang berbeda jenis kelaminya dalam satu kelompok. Kelompok II  Proses pembelajaran yang terdiri kelompok-kelompok kecil beranggota dari 4-5 orang yang sama jenis kelaminya dalam satu kelompok.
Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan guru menyajikan permasalahan yang tersetting dalam daftar masalah kemudian dari masalah tersebut dibagi-bagi kedalam sub masalah yang terbagi menjadi 6 sub bagian yang harus didiskusikan. Kemudian setelah akhir pokok bahasan untuk kedua kelompok diadakan tes tertulis dan diambil rata-ratanya kemudian dihitung sebagai ukuran prestasi siswa dalam penguasaan konsep Aritmatika sosial kelas VII semester ganjil.  Bentuk soal yang digunakan pada tes tertulis adalah Esai yang terdiri dari 5 butir soal. Tes tersebut digunakan untuk mendapat data primer yang nantinya akan digunakan dalam pengujian hipotesis.

      Selengkapnya Hingga BAB V Download Disini






Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Skripsi dengan judul Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi kelompok yang sama dan berbeda jenis kelaminnya . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/01/perbandingan-hasil-belajar-matematika.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

Belum ada komentar untuk "Perbandingan hasil belajar matematika menggunakan metode diskusi kelompok yang sama dan berbeda jenis kelaminnya "

Poskan Komentar

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini