Metode Penelitian Kualitatif


Metode Penelitian Kualitatif


Banyak orang menganggap bahwa menulis penelitian kualitatif susah. Ada juga beberapa teman-teman yang beranggapan bahwa menyusun penelitian kualitatif butuh pemahaman yang sangat tinggi. Semua anggapan itu tidak benar. Penelitianya kualitatif maupun kuantitatif memiliki tingkat kesukaran yang sama pada masing-masing penelitian tersebut. Kualitatif adalah penelitian yang berhubungan dengan kata atau deskriptif sedangkan kuantitatif adalah penelitian yang bernilai angka dengan rumus perhitungan. Pada postingan kali ini fokus tujuan penulisan ini adalah tentang Metode Penelitian Kualitatif.

        Langkah penulisan Skripsi dengan motode penelitian kualitatif akan mengkaji secara runut tentang pokok-pokok bahasan yang akan diteliti sebagai telaksananya tujuan penelitian. motode penelitian kualitatif merupakan penelitian deskriptif, mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan, oleh sebab itu pelaksanaan penelitian ini hanya memaparkan, melukiskan, dan melaporkan keadaan suatu obyek atau peristiwa tanpa menarik kesimpulan umum. Di bawah ini adalah gambaran langkah Metode Penelitian Kualitatif.

Metode Penelitian Kualitatif

Latar belakang masalah
Latar belakang masalah merupakan uraian hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan penelitian terhadap sesuatu masalah berawal dari suatu masalah yang ada di sekolahan maupun dilapangan, permasalahan tersebut dapat diangkat menjadi sebuah judul dan kita bisa memberikan sebuah penawar atau obat dari pemasalahan tersebut.

Merumuskan masalah
Pada hakikatnya adalah deskriptif tentang ruang lingkup masalah, pembatasan dimensi, dan analisis variabel yang tercakup didalamnya. berdasarkan pengetian tersebut rumusan masalah menunjukan fokus  pengamatan di dalam penelitian.

Tujuan penelitian 
penyelidikan atau suatu usaha pengujian yang dilakukan secara teliti, dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah.

Kegunaan Penelitian
Penelitian hendaknya bermanfaat bagi peneliti, siswa, guru, dan sekolah karena bagi siswa akan menambah motivasi dalam pembelajaran, bagi guru akan menambah wawasan dalam pengunaan metode yang tepat.

Ruang lingkup penelitian
Pengertian dari Ruang lingkup adalah batasan, dapat dikemukakan pada bagian variabel-variabel yang diteliti, populasi atau subjek penelitian, dan lokasi penelitian. jadi peneliti dsini memfokuskan pada apa saja yang di cari hasilnya dan apa saja yang ingin dibatasi dalam penelitian tersebut.

Kajian pustaka
Kajian pustaka adalah literatur dari tiap-tiap variabel yang di teliti, tentunya dari berbagai sumber buku maupun jurnal. Tujuan utama kajian pustaka untuk mengorganisasikan penemuan-penemuan peneliti yang pernah dilakukan.

Kerangka pikir
Kerangka pemikiran adalah suatu diagram atau deskripsi rasional berfikir kita yang menjelaskan secara garis besar alur logika berjalannya sebuah penelitian. dimana alur penelitian dapat tergambar dengan jelas pada diagram tersebut.

Populasi dan Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti sedangkan populasi adalah keseluruhasubjek dalam penelitian yaitu siswa. 

Data dan sumber data
  1. Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, kata, dan huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.
  2. Sumber data dalam penelitian adalah subyek dari mana data dapat diperoleh. Apabila peneliti menggunakan wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut responden. Apabila menggunakan observasi, maka sumber datanya biasa berupa benda, gerak atau proses sesuatu. Apabila peneliti menggunakan dokumentasi, maka dokumen atau catatan yang menjadi sumber data.
Rancangan instrumen
Instrumen merupakan alat yang digunakan untuk merekam informasi yang dikumpulkan.

Prosedur Pengumpulan Data
Instrumen pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Instumen sebagi alat bantu dalam menggunakan methode pengumpulan data merupakan sarana yang dapat diwujudkan dalam motede, observasi,  wawancara, dll.

Teknik Analisis Data
Teknis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang memberikan gambaran dengan jelas makna dari indikator indikator yang ada, membandingkan dan menghubungkan antara indikator yang satu dengan indikator lain. Teknik untuk menganalisis data disesuaikan dengan tujuan penelitian.

Pengecekan Keabsahan Temuan
Informasi data yang didapat dari metode pengumpulan data dapat diperoleh keabsahannya dengan triangulasi metode, yaitu mengunakan metode lain untuk memperoleh kebenaran informasi dengan cara berbeda yang handal gambaran yang utuh mengenai kebenaran data.

Kesimpulan
Suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri agar sesuai dengan tujuan penelitian.

Daftar Rujukan: 







Related Post:

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Jurnal dengan judul Metode Penelitian Kualitatif. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://phisiceducation09.blogspot.com/2013/02/metode-penelitian-kualitatif.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Ryo Bambang Saputra -

6 komentar untuk "Metode Penelitian Kualitatif"

  1. Kunjugan Malam Sob...

    Jangan Lupa Kunjungan Baliknya Ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga nas, kunjungan balik siap dilaksanakan....hehehe

      Hapus
  2. Pekerjaan Tenaga Ahli neh kali penelitian kayak gini hehehe
    Salam kenal mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mas, gak ahli juga bisa mas asal ada niat dan usaha hehehe

      Hapus
  3. Pekerjaan Tenaga Ahli neh kali penelitian kayak gini hehehe
    Salam kenal mas...

    http://ahlikompi.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. Hehehhe bisa aja mas kaharudin, iya mas salam kenal kembali, terimkasih kunjunganyya mas.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah sesuai isi artikel yang diposting
2. Komentar yang anda berikan, beguna untuk membangun blog ini
3. Dilarang SPAM atau meletakan link hidup pada komentar
4. Komentar yang sesuai kriteria di atas akan dipublikasi.
5. Terimakasih ketersediaan anda telah berkunjung pada blog ini